Kamis, 18 Agustus 2016

Cara membuat undangan dengan corel draw

Hai guys.
Kali ini saya akan share cara membuat undangan, yah mungkin semua pada tahu donk.
Pada kesempatan kali ini saya mencontohkan cara membuat undangan khitan / sunat.
Pertama kali harus membeli kertas undangan katalog. Kertas undangan katalog adalah Kertas undangan yang telah ada motif dan borders.
Contohnya seperti ini :
 




Setelah itu kita harus men-Scan kertas undangan katalog tersebut agar kita dapat memasukannya kedalam corel draw untuk diedit, mulai dari gambar dan tulisan..

Untuk kamu yang tidak mempunyai scanner. Kamu bisa menggunakan HP android sebagai scanner dengan aplikasi TinyScanner, kamu bisa download aplikasinya : download disini

Kita harus crop gambar undangan tersebut dengan rapi, agar kita mudah untuk mengedit dicorel draw.
Kenapa harus corel draw? Boleh kok kamu memakai aplikasi lainnya. Namun corel draw menurut saya adalah aplikasi paling mudah digunakan.

Kita bebas menggunakan berbagai versi corel draw. Saya disini memakai corel draw X7. Untuk yang belum punya Corel draw anda bisa download : download disini

Buka aplikasi corel draw, buat new document atur ukuran sesuai kertas undangan katalog yang kita beli tadi. Saya mengukur kertas undangan dengan penggaris. Kemudian kita klik OK.

Setelah itu kita klik Menu File kemudian import, Pilih foto undangan yang kita scan tadi,klik OK…, maka akan seperti ini :

Kita Tarik gambarnya hingga pas seperti ini :

Jika sudah, kita bisa melanjutkan ke tahap berikutnya yaitu tahap Penulisan isi dari Undangan yang akan kita buat.
Saya mulai edit dari isi undangan terlebih dahulu, kemudian Cover / Sampul undangan.
Contoh isi undangan yang saya buat :

Selanjutnya kita edit covernya, klik icon + seperti gambar ini
untuk membuat page 2.

Kita import gambar lagi, kita pas kan lagi dan kita edit covernya.
Contoh seperti ini :

Setelah semua selesai kita hapus gambar undangan tadi sehingga menjadi seperti ini :
 

Sehingga kita hanya mengeprint Tulisan dan foto undangan.

Akhirnya kita telah selesai membuat undangan.

Lanjut langkah terakhir. Untuk Printing kita harus mengorbankan beberapa kertas undangan dulu. Agar kita bisa mengepaskan Letak tulisan yang kita print dengan Kertas undangan katalog agar lebih presisi.

Untuk kamu yang membutuh kan contoh tulisan undangan khitan yang saya buat diatas, kamu bisa download disini

Jika belum jelas kamu bisa tanya melalui komentar dibawah :)
Terima Kasih.

MAAF untuk saat ini link download belum tersedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar anda dengan baik,dan sopan.